Monday, March 18, 2019


Pernah gak kita melihat orang yang jualan produk tertentu terus jualannya kebanjiran order, begitu kita ikutan jualan dengan produk yang sama hasilnya biasa aja. 

Atau pernah gak kita menemukan produk yang bagus tapi pas nyoba jualan susahnya setengah mati. 

Pernah atau sering? 

Nah.. hal ini adalah soal Kesalahan Mindset. Kebanyakan orang dalam berjualan itu terlalu fokus sama produknya aja. 

Berikut 5 tips rahasia sukses menjual produk/jasa.

1. Tentukan Target Market
Hal utama sebelum menjual adalah menentukan target market siapa yg akan dibidik. Semakin spesifik target market produk/jasa kita semakin bagus. Spesifik target market disebut juga Niche market. Semakin niche target market kita, maka kita akan semakin paham apa yng dibutuhkan, apa permasalahan dan apa solusi yang tepat kita tawarkan bagi mereka. Karena tidak semua market adalah target market produk/jasa kita, maka bidiklah yg benar-benar niche dan spesifik. Hal ini disebabkan resource/modal kita yg terbatas, sehingga kita perlu efesien dan efektif membidik market yg spesifik.

2. Pastikan Market Size-nya Luas
Setelah menentukan target market yg dibidik, analisa apakah benar size/jumlahnya banyak di wilayah Indonesia (jika targetnya nasional). Percuma jika marketnya sdh spesific namun sizenya kecil/tidak banyak jumlahnya. Hal ini bisa dianalisa dari apakah ada komunitasnya, adakah group yang memiliki kesamaan perilakunya dsb. silahkan cek di google dgn memasukan keyword target market yg mau dibidik. Lalu cek seberapa besar potensinya. Apa saja yang mereka bincangkan dan perlukan. Ada prospek bisnis apa saja, yang bisa jadi berhubungan/tidak berhubungan dgn produk/jasa kita.

3. Cari Masalah yang Mereka Hadapi
Ini yang jarang sekali dilakukan oleh banyak penjual. Kita perlu tahu apa saja aktifitas keseharian target market. Apa saja yang mereka lakukan dan butuhkan yang bisa kita berikan solusinya. Bisa jadi kita perlu "menimbulkan masalah" agar mereka paham apa yg mereka butuhkan. Seringkali market tidak sadar/unaware terhadap sesuatu yg berpotensi masalah dalam kehidupannya. Nah disinilah celah kita memberikan solusi dan menawarkan produk/jasa kita.

4. Tentukan Solusi dari Masalah Mereka
Desain dan berikan solusi yang tepat dari permasalahan yang mereka hadapi. Setelah melakukan edukasi melalui cerita/artikel lanjutkan dengan menjelaskan kepada mereka bahwa ada solusi dari masalah yang mereka hadapi, yaitu dari produk/jasa kita. Disini kita perlu jeli, produk manakah yang tepat untuk menjadi solusi permasalahan mereka. Semakin mendekati dengan apa yg mereka butuhkan maka harga menjadi tidak relevan. Maksudnya berapapun harganya mereka akan membelinya. Karena sebenarnya market/customer bukan membeli produk kita, mereka membeli solusi yg tepat untuk masalah yang mereka hadapi.

5. Tentukan Produk Turunan Lainnya
Setelah proses 1 s/d 4 dijalani dan berhasil menjual suatu produk/jasa. Maka kita bisa saja menjual beberapa produk sekaligus kepada customer tersebut. Ingat, semakin niche market yang kita bidik maka semakin mudah kita memahami apa saja yang mereka butuhkan. Disinilah kita bisa hadir menjadi "one stop solution" bagi customer. Customer yang puas dgn produk/jasa kita, tentu akan menimbulkan trust sehingga apapun produk turunan yg kita tawarkan asalkan sesuai dgn apa yang mereka butuhkan akan dibeli. Buat apa cari2 ke toko sebelah kalo mereka bisa beli dari kita.

Itulah 5 Tips Rahasia Sukses Menjual Produk/Jasa
1. Tentukan Target Market
2. Pastikan Market Size-nya Luas
3. Cari Masalah yang Mereka Hadapi
4. Tentukan Solusi dari Masalah Mereka
5. Tentukan Produk Turunan Lainnya

Saatnya fokus pada Market, bukan Produk.
Don't Sell What You Can Make/Build, but Make/Build What You Can Sell.
Jangan jual apa yang kita bisa buat/upayakan, tapi buat/upayakan apa yang bisa kita jual.

0 comments:

Post a Comment